Pemodelan Matematika Anarkisme Demo Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Solusinya Dari Tinjauan Matematika

Authors

  • Muchammad Abrori UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/fourier.2016.52.57-64

Keywords:

Demonstrasi damai, demonstrasi anarkis, parameter emosional mahasiswa, parameter emosional petugas keamanan

Abstract

Demo anarkisme sudah menjadi hal yang umum yang sering dilihat oleh kalangan akademisi di UIN Sunan Kalijaga. Seringkali demo anarkisme ini menjadi tidak terkendali karena emosional mahasiswa yang tinggi dan emosional penjaga keamanan serta adanya ketidakpuasan mahasiswa terhadap peraturan kampus.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan membuat model penyebab demo anrkisme menggunakan ordinary differential equation dan membuat simulasi dengan MATLAB. Dari pemodelan dicari titik ekuilibrium, eksistensi titik ekuilibrium dan kestabilannya.

Hasil dari penelitian ini adalah pemodelan, titik ekuilibrium, kestabilannya dan simulasinya. Pemodelan yang terbentuk adalah  dan  dimana  merupakan demontrasi damai,  merupakan demontrasi anarkisme,  merupakan itikad baik mahasiswa,  merupakan emosional mahasiswa,  merupakan itikad baik kampus,  merupakan emosional petugas keamanan,  merupakan koefisien keletihan demontrasi damai,  merupakan koefisien keletihan demontrasi anarkisme.  Simulasi disajikan dalam dua kasus, yaitu tidak terjadi demonstrasi anarkisme dan terjadi demonstrasi anarkisme. Simulasi yang tidak terjadi anarkisme dipengaruhi oleh itikad baik mahasiswa yang tidak mau demonstrasi anarkisme sebesar 2 dan nilai emosional mahasiswa 3. Sedangkan kasus kedua demonstrasi anarkis dipengaruhi oleh parameter  itikad baik mahasiswa 0 dan nilai parameter emosional mahasiswa 4. Parameter itikad baik mahasiswa sangat menentukan terjadi atau tidak demonstrasi anarkisme mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muchammad Abrori, UIN Sunan Kalijaga

Program Studi Matematika Fakultas Sains dan Teknologi

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

Abrori, M. (2016). Pemodelan Matematika Anarkisme Demo Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Solusinya Dari Tinjauan Matematika. Jurnal Fourier, 5(2), 57–64. https://doi.org/10.14421/fourier.2016.52.57-64

Issue

Section

Articles